ANIMASI 2D VEKTOR

Animasi 2D Vektor


A.Teknik Animasi 2D 
    
   Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerekan.Berdasarkan teknik pembuatanaya,animasi 2D dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:
   
1.Teknik Animasi manual (cell animation)
       
        Teknik ini merupakan  teknik animasi yang paling lama usianya.pada teknik ini ,rangkaian gambar dibuat diatas lembaran celluiod (lembaran transparan) yang berlapis-lapis.

2.Teknik animasi 2D komputer 
        
        Pada penggarapan animasi sederhana ,mulai dari perancangan model hingga pengisian suaraa atau dubbing dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer.

B.Objek Animasi 2 Dimensi
     Objek animasi 2 dimensi  dapat berupa gambar berbasis bitmap maupun vektor.penjelasannya sebagai berikut:
1.Gambar Berbasis bitmap
        Gambar berbasis bitmap adalah objek gambar yang dibentuk  dengan raster atau pixel atau titik koordinat.adapun kelebihan dan kekurangan gambar berbasis bitmap sebagai berikut:
     Kelebihan :
a. Dapat ditambahkan efek khusus tertentu,sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan
b.Dapat menghasilkan objek gambar bitmap dari objek gambar vektor.
     Kekurangan :
a.Objek gambar memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya,khususnya ketika objek gambar diperbesar.
b.Efek yang didapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnaya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
 2.Gambar berbasis vektor
    Gambar berbasis vektor adalah objek gambar yang menggunakan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu. adapun kelebihan dan kekurangan gambar berbasis vektor sebagai berikut:
   Kelebihan :
a.Ruang penyimpanan untuk gambar lebih efesien
b.Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
c.Dapat dicetak pada resolusi  tertinggi printer Anda.
d. Menggambar dan menyuting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan.
  Kekurangan :
     Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar  tersebut dari format bitmap.

    C.Objek Animasi 2 Dimensi Berbasis Vektor
   1.pengertian gambar vektor
       Gambar vektor disusun oleh objek geometris berdasarkan perhitungan matematis.Gambar vektor tidal tergantung kepada resolusi gambar sehingga tidal Alan mengalami kerusakan gambar jika diperbesar (zoom in)atupun dikecilkan (zoom out).
  2.Mendesain objek 2 dimensi berbasis vektor
  model-model Yang digunakan pada desain grafis 2D biasanya tidak mendukung bentuk-bentuk tiga dimensi,atau fenomena yang bersifat tiga dimensi,seperti pencahayaan ,bayangan ,pantulan,refraksi dan sebagainya.data vektor terdiri dari 3 macam yaitu titik,garis,dan poligon.
  a.Titik (point)
    titik adalah representasi grafis yang paling sederhana.representasi ini tidak memiliki dimensi tetapi dapat diidentifikasi dan ditampilkan pada layar monitor menggunakan simbol-simbol.
   b.Garis (line)
      Garis adalah bentuk linier yang akan menghubungkan paling sedikit dua titik dan digunakan untuk mempresentasikan
Objek-objek dua dimensi.
   c.Poligon (polygon)
        poligon digunakan untuk merepresentasikan objek-objek dua dimensi.
      D.Pembuatan Objek Animasi 2D dengan Flash
    Macromedia Flash adalah software editing Yang digunakan untuk membuat presentasi,aplikasi Dan konten lainnya Yang memungkinkan interaksi dengan pengguna.Macromedia Flash juga dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana (animasi dasar ) .
   1.  Macromedia Flash professional 8
       Macromedia Flash Profesional 8 adalah sebuah software Yang dapat digunakan untuk menambahkan Aspek dinamis sebuah web atau membuat film animasi interaktif.
 2.Timeline
     Merupakan kumpulan pengaturan tool Yang sangat besar. pada Timeline terdapat dua komponen pokok yaitu layer dan frame.sedangkan halaman-halaman buku berikut:
a)Layer,Merupakan sebuah folder tempat Anda meletakkan objek-objek Yang berbeda.
b)Frame,merupakan sebuah bingkai-bingkai kecil Yang dapat Anda Isi dengan apa pun Yang anda kehendaki.
3.Stage
    adalah tempat bekerja seorang animator pada Macromedia Flash 8.Stage merupakan daerah yang berisi semua entri-entri gambar Yang membentuk sebuah movie Flash.
4.Panel
    Beberapa panel penting dalam Macromedia flash 8,di antaranya panel properties,filters & Parameters,Actions,Library ,Color ,serta Align & Info & Transform.
5.Panel Properties
     Akan berubah tampilan Dan fungsinya mengikuti bagian mana Yang sedang diaktifkan.
6.Panel Library
     Mempunyai fungsi sebagai perpustakan simbol/media Yang digunakan animasi Yang sedang dibuat.
7.Scene
   Merupakan kumpulan dari keseluruhan Timeline.
8.Action Window
      merupakan tempat atau wadah Yang dapat digunakan untuk menuliskan script untuk Macromedia Flash 8.Untuk menampilkan Window ini,anda bisa menekan F9 pada keyboard.
E.Mengoperasikan Macromedia Flash 8
1.Membuat Garis Dan bentuk Sederhana
    a.Membuat Garis dengan Line tool
    b.Membuat Garis dengan Pencil Tool
    c.Menggambar Lingkaran atau elips
    d.Menggambar kotak
    e.Menggambar bentuk persegi banyak (Poligon)
F.Membuat Objek Sederhana Menggunakan Aplikasi Animasi 2D.
 1.Macam-macam animasi diflash sebagai berikut:
   a.motion path untuk membuat simbol bergerak mengikuti bentuk lintasan Yang sulit.
   b.Animasi Margue,banyak dilihat pada situs web,yaitu suatu teks Yang muncul dari bagian kanan layar, lalu bergerak menuju ke kiri layar Dan menghilang ,begitu seterusnya.
   c.animasi Transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan lalu perlahan -lahan menghilangkan animasi ini sering digunakan dalam melakukan pergantian animasi dari satu animasi ke animasi lainnya.
   d.Animasi fade adalah animasi pemudaran.fade dibagi menjadi dua,yaitu fade in (pemudaran dalam) Dan fade out (pemudaran keluar)
  e.Animasi rotasi adalah animasi objek atau teks yang berputar,seperti jam .
  f.Animasi blink adalah animasi berkedip atau berkelip seperti bintang dilangit.
  g.Animasi shape adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek menjadi teks Dan sebaliknya.
 h.Animasi masking adalah animasi Yang menyembuyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain ,sehingga objek yang menutupi terlihat transparan Dan menyatu dengan objek Yang ditutupi.
2.Pengetahuan dasar objek pada flash
      a.stroke Dan fill
      b.membelah objek atau memotong gambar melalui flash 8.
      c.menggambar dengan Pencil Tool
      d.Pen tool digunakan menggambar objek
      e.brush Tool digunakan untuk mewarnai objek
      f.selection Tool digunakan untuk mengubah bentuk objek.
      g.mengubah bentuk suatu objek dengan menggunakan subselection Tool
      h.impor gambar menggunakan Flash.
4. button adalah sebuah kontrol Yang tampil pads layar dengan bentuk tertentu Yang mirip dengan tombol persegi panjang dengan tulisan ditengahnya.
a.kegunaan button sebuah simbol dalam Flash yang digunakan untuk membuat tombol sehingga bisa diklik.
b.cara kerja button menggerakkan kursor diatas sebuah button.
c.kondisi /state:
1)kondisi up
2)kondisi down
3)kondisi Center
5.Movie clip adalah simbol dalam Flash Yang digunakan untuk membuat objek animasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sekolahku

kegiatan dikelas x